Home » » Cara Menginstall Windows 7

Cara Menginstall Windows 7

Rabu, 12 September 2012 | 0 komentar

Cara melakukan instalasi sistem operasi windows 7 sangat berbeda dengan windows xp, baik dari interface serta jenis format file sistem yang digunakan. Pada windows xp kita dapat memilih jenis file sistem apa yang ingin kita gunakan, apakah akan mengunkan file sistem FAT (File Alocation Table) atau NTFS (New Technology File System) untuk format partisinya. Sedangkan pada sistem operasi Windows 7 format file sistem yang digunakan adalah NTFS dan akan dipilih secara otomatis oleh sistem.
Adapun kelebihan dari sistem operasi windows 7 adalah :
  1. Proses Boot / Shutdown lebih cepat.
  2. Konsumsi daya CPU, Hardisk (HDD) dan Memory yang dibutuhkan sistem lebih sedikit.
  3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD.
  4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol.
  5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
Sedangkan Kekurangan dan Kelemahan dari Windows 7 adalah :
  1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7.
  2. Bug pada Windows Player 12.
  3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7.
  4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7.
Sebelum anda melakukan penginstalan sistem operasi (operating system) ada baiknya anda melakukan backup data. Hal ini bertujuan agar data-data penting anda tidak hilang apabila terjadi kesalah penginstalan (pada waktu pemformatan partisi).
Ok sekarang anda simak klangkah demi langkah untuk melakukan instalasi sistem operasi Windows 7, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Tahap pertama, Atur Booting atau Boot Second Prioriti di BIOS pada DVD/VCD apabila menggunakan CD room untuk menginstall.
Masukkan DVD Windows 7 kedalam DVD Room, kemudian apabila pada monitor tampil perintah " Boot from DVD, press any key to boot from DVD,.." tekan sembarang tombol untuk masuk ke dalam instalasi windows 7.

Selanjutnya akan tampil jendela pemilihan Instalasi Language, Time and Currency Format dan keyboard. Pada langkah tersebut pilih "English", "Indonesia", "US" setelah itu klik Next.
Klik Install Now
 
Setelah itu tampil jendela License Terms, pada bagian ini Contreng I Accept The License Terms kemudian klik Next.

Selanjutnya akan tampil jendela pilihan apakah anda akan lekakukan Upgrade atau Costom (Advance), pilihan Upgrade digunakan untuk melakukan upgrade terhadap sistem yang telah terpasang sebelumnya. sedangkan Costom (Advance) dipilih untuk melakukan Instalasi Windows 7. Pada pilihan ini anda pilih Costom.
 
(Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.

 Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga akan selesai seketika.

 Setelah menyelesaikan langkah pertama, ia akan memperluas (decompress) file yang telah disalin.
 Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.



Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.

Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.


Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.



Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.

Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini. Dan hilangkan Contreng pada Automatically Activate Windows When I'm Online hal ini untuk mencegak Scan originalitas dan Legalitas dari Sistem operasi apabila kita Online dengan Jaringan internet (Apabila menggunakan Loader untuk Windows Geniun).

Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update.

Pilih zona waktu dan klik Next.

Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan





Setelah tampilan Boot Screen muncul maka akan tampil jendela desktop Windows 7.

Selamat, anda selesai melakukan instalsi Windows 7.
    Share this article :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
    Copyright © 2012. MethaPhore++ - All Rights Reserved
    Template Modify by Creating Website
    Proudly powered by Blogger